Halaman

Rabu, 23 Mei 2018

Ini dia penyebab umum demam pada anak

Ini dia penyebab umum demam pada anak,- Saat buah hati sedang sakit, hati orang tua mana yang tidak sedih. Apalagi jika buah hati Anda tiba-tiba demam tanpa alasan yang jelas. Anda pun jadi panik dan biasanya memberikan obat-obatan secara random asal demam yang diderita segera turun.

Padahal tahukah Anda bahwa memberikan obat-obatan kimia tanpa mendiagnosis penyebab penyakit bisa membahayakan kesehatan? Begitu pula dengan demam yang sedang dialami oleh anak Anda. 

Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu penyebab demam pada anak khususnya bayi seperti penjelasan berikut ini.

Demam berdarah dengue
Infeksi virus yang paling harus diwaspadai adalah DBD dengan tampilan khas demam biasanya akan tinggi dalam 1-2 hari pertama, saat hari ke 3-5 turun atau kadang hari ke 4-5 naik lagi tetapi tidak setinggi hari ke 1-2. Tetapi saat hari ke 3-5 anak sangat lemas tidak mau main turun ke bawah sepanjang hari anak tidur dan hanya mau digendong berebah di sandaran. Dalam keadaan seperti ini dianjurkan untuk periksa darah lengkap, atau IgG IgM Dengue.

Radang selaput otak atau infeksi otak (Meningitis atau ensefalitis)
Infeksi virus yang berbahaya lainnya adalah meningitis dan ensefalitis. Penyakit ini harus dicurigai bila demam disertai kejang berulang dan lama atau disertai kesadaran menurun.

Penyebab paling sering, infeksi virus
Meski kadang sedikit lesu tetapi, bila anak masih aktif dan mau bermain di lantai biasanay disebabkan karena infeksi ringan seperti infeksi virus. Infeksi virus ditandai dengan pilek dan atau batuk, atau diare tanpa darah.

Sebagian infeksi virus tanpa gejala batuk, pilek atau gangguan lain. Ciri khas infeksi virus demam biasanya akan tinggi dalam 1-2 hari pertama, saat hari ke 3-5 turun atau kadang hari ke 4-5 naik lagi tetapi tidak setinggi hari ke 1-2. Biasanya hari ke 6-7 akan membaik sendiri. Dalam keadaan seperti ini tidak perlu antibiotika dan tidak perlu cek darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar